Menyusun Rencana Karir

Banyak dari pekerja pemula (fresh graduaters) yg pada awal karirnya mengusung misi “yang penting kerja”. Dan tidak bisa pula dipungkiri kalau kondisi seperti itu terjadi tidak hanya di negara kita, Indonesia, tapi juga bahkan di negara besar seperti Amerika. Namun yang membedakan hanyalah bahwa kesempatan untuk berkreasi lebih besar muncul di Amerika dibandingkan di Indonesia.

Faktor utama penyebab kondisi ini selain karena situasi dunia kerja yg sangat kompetitif, namun lebih banyak dipengaruhi oleh faktor pada diri orang itu sendiri.

Berdasarkan pengamatan pribadi penulis, sangat umum ketika pada masa kanak-kanak ditanya mengenai cita-cita, maka anak-anak akan mengatakan banyak hal. Dan umumnya tidak akan jauh dr profesi dokter, insinyur, presiden dan anggota TNI/Polri. Tidak ada yg salah dengan hal itu. Justru yang salah adalah ketika orang tua tidak mampu mengakomodir cita-cita itu dan mengarahkannya menjadi kenyataan.

Faktor “cita-cita” itu sangat penting ditanamkan kepada seorang anak sejak dini. Terlebih lagi ketika beranjak remaja, dimana pada masa-masa remaja adalah masa yg paling krusial dlm perkembangan hidup setiap orang. Orang tua yg menghadapi anak remaja harus semakin intens dalam mengarahkan anaknya akan tujuan hidupnya kelak, tentunya tidak dengan paksaan, melainkan dorongan yang mengarahkan. Dan si anak juga harus mulai belajar untuk membuat rencana hidupnya.

Pengalaman pribadi penulis, sangat bersyukur memiliki orang tua, khususnya ayah, yang sejak kecil telah mananamkan arti penting sebuah cita-cita. Meskipun apa yang sekarang ini telah penulis capai sangat jauh dr profesi awal yang pernah di cita-citakan, namun dengan senantiasa menggantung cita-cita, maka penulis senantiasa memiliki motivasi serta yang paling penting, adanya sebuah “navigasi” kehidupan agar selalu berada dijalur yang benar.

Bersambung…

About Taufik Amsyah

Creative, Curriosity, Persistant, Determination

Posted on Maret 26, 2013, in Human Resources and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: